Trik Mempercepat Koneksi Internet yang Mudah Dilakukan

mempercepat koneksi internet

Pada era internet seperti sekarang ini, koneksi internet merupakan sesuatu yang sangat penting. Banyak pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari yang membutuhkan internet. Internet memang bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan praktis. Namun sayangnya terkadang kita masih sering merasakan internet yang lambat. Tentu hal ini akan sangat menyebalkan karena bisa menghambat berbagai aktivitas penting yang harus kita lakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut ini merupakan beberapa kiat jitu mempercepat koneksi internet yang bisa dilakukan.

Memilih provider yang berkompeten

Sebaiknya Anda memilih ISP (Internet Service Provider) yang memang telah terbukti berkompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Anda bisa mencari tahu pengalaman banyak pengguna internet dalam memilih provider melalui forum-forum di internet. Jangan mudah tergiur dengan promosi harga miring yang kualitasnya belum tentu.

Menggunakan provider yang belum banyak dipakai

Terkadang walaupun telah dikenal sebagai provider yang berkualitas dalam menyediakan koneksi internet, tetap saja koneksi internetnya bisa lambat. Mengapa bisa demikian? Padatnya pengguna internet pada provider tertentu memang bisa menjadi salah satu penyebab koneksi internet menjadi lambat. Coba untuk mencari jasa provider berkompeten yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lain.

Memakai perangkat gadget yang berspesifikasi tinggi

Mungkin Anda harus mempertimbangkan memakai PC, laptop, atau gadget yang memang memiliki spesifikasi tinggi. Apabila perangkat yang Anda gunakan mempunyai RAM, harddisk, maupun prosesor berkapasitas rendah, maka bisa saja akan memengaruhi kecepatan koneksi internet.

Mengubah setting bandwidth

Apa itu bandwidth? Istilah ini sering dipakai untuk mengartikan luas cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal untuk keperluan transmisi data. Supaya koneksi internet menjadi lebih maksimal, Anda bisa menggunakan nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan cara mengubah setting bandwidth tersebut. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  • Klik ‘Start’ pada komputer (Windows)
  • Pilih Run > Ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan > Klik OK
  • Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK
  • Restart komputer

Itu tadi beberapa kiat mempercepat koneksi internet yang bisa dilakukan. Kecepatan koneksi internet memang bisa dipengaruhi oleh beragam faktor, bisa faktor internal maupun faktor eksternal. Selamat mencoba!