Tips Memilih Kamera CCTV yang Tepat dan Berkualitas

kamera CCTV

Saat ini keberadaan kamera CCTV memang dianggap cukup penting karena bisa menguntungkan masyarakat dalam banyak hal, salah satunya keamanan. Dengan menggunakan kamera CCTV, Anda bisa mengontrol lokasi yang diinginkan hanya dari layar monitor, bahkan hanya dari smartphone juga bisa. Kamera CCTV banyak digunakan di beberapa tempat umum seperti ATM, mall, sekolah, kampus, perkantoran, dan tempat parkir. Namun saat ini rumah-rumah mewah juga sudah mulai menggunakan kamera ini untuk alasan keamanan.

Kamera CCTV memiliki jenis yang bervariasi, harganya juga bermacam-macam. Agar bisa membeli kamera CCTV yang tepat, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Menyesuaikan keperluan kamera dengan budget yang dimiliki

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu saja masalah budget. Apabila budget minim, Anda bisa memilih kamera CCTV yang memiliki resolusi rendah, kemudian TVL-nya juga rendah. Sedangkan jika budget cukup besar, Anda bisa memilih kamera CCTV yang beresolusi tinggi.

Berikut ini merupakan beberapa standar kualitas atau resolusi pada gambar CCTV yang bisa digunakan untuk perbandingan.

  • 1/4″ CMOS/CCD Standard Image Quality – 380-420 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL
  • 1/3″ CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVLSemakin tinggi TVL berarti semakin bagus juga ketajaman gambar yang dihasilkan melalui kamera tersebut. Kualitas serta resolusi gambar dalam kamera CCTV akan jauh lebih bagus apabila dibandingkan dengan resolusi dalam alat rekam/DVR. Kemudian hasil rekaman dari kamera CCTV juga akan menelusuri kualitas ataupun resolusi dari alat rekam maupun DVR tersebut.Hasil resolusi gambar atau video dari kamera CCTV dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera CCTV dengan kualitas 1/3″ CMOS/CCD. Kamera CCTV dengan kualitas 1/3″ CMOS/CCD mempunyai bidang yang lebih besar daripada kamera CCTV dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD, sehingga gambar akan lebih bagus serta tajam. Namun sudah pasti harga kamera CCTV dengan kualitas 1/4″ CMOS/CCD akan lebih mahal. Apabila chipset kamera CMOS/CCD yang dipakai 1/3″ CMOS/CCD, maka bisa dipastikan kamera tersebut ber TVL lebih tinggi.

Memastikan letak penggunaan

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah memastikan peletakan penggunaan kamera CCTV. Apakah kamera CCTV tersebut akan digunakan pada bagian dalam ruangan atau pada bagian luar ruangan. Berikut ini perbedaan keduanya.

Kamera CCTV Outdoor
Apabila kamera CCTV tersebut dipakai pada bagian luar ruangan, maka pilih kamera CCTV yang khusus. Perbedaan kamera CCTV outdoor dengan kamera CCTV indoor terletak pada kemampuan dalam mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED Infrared yang digunakan. Pada umumnya kamera CCTV outdoor mempunyai kemampuan mereduksi cahaya matahari serta jumlah LED Infrared yang lebih banyak dibandingkan dengan kamera CCTV berjenis indoor. Semua kamera CCTV outdoor yang tersedia telah dilengkapi dengan weatherproof (IP66 / IP67) serta dilengkapi dengan pelindung untuk menahan sinar matahari ataupun air hujan atau pelindung.

Memerhatikan garansi yang diberikan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh vendor. Kebanyakan vendor-vendor kamera CCTV maupun distributor hanya memberikan garansi selama 1 sampai 2 tahun saja. Apabila Anda membeli kamera CCTV dengan garansi lebih dari 2 tahun, Anda perlu mempertanyakan kualitasnya.

Setiap jenis kamera memang memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Sebelum membeli jangan lupa untuk melihat keterangan kamera CCTV tersebut.