Tahukah Anda, Email Gratis Ternyata Tidak Gratis!

email gratis

Banyak orang yang mengandalkan email gratis karena berharap bisa mendapatkan beragam fitur terbaik dari penyedia layanan tersebut, namun tanpa biaya. Beberapa layanan email gratis yang saat ini banyak digunakan antara lain Gmail, Yahoo Mail, Windows Live Hotmail, dan Microsoft Outlook.

Namun ternyata, email gratis sebenarnya tidak sepenuhnya “gratis” seperti yang banyak dipikirkan oleh pengguna. Tidak ada biaya yang sepenuhnya gratis karena semuanya memiliki biaya. Mungkin biaya tersebut memang tidak ke luar setiap bulan dari dompet Anda. Lalu apa saja biaya-biaya tersebut? Berikut ini merupakan beberapa kekurangan yang diberikan oleh layanan email gratis.

Spam

Biasanya layanan email gratis menerima jumlah spam yang tidak proporsional. Pengguna akan mendapatkan lebih banyak spam saat memakai layanan email gratis daripada email dengan ISP biasa.

Deliverability

Jumlah Spam yang masuk pada email gratis tidak proporsional. Beberapa spammer teratur mendaftar dan menyalahgunakan akun email gratis.

Layanan pelanggan

Pada akun email gratis, biasanya tidak ada layanan pelanggan dari customer service. Tentu saja hal ini merupakan penerapan dari “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar”. Meskipun mungkin ada bentuk web dan alamat email untuk menerima pertanyaan dari pengguna, kemungkinan mendapatkan respon biasanya sangat minim.

Ada pembatasan

Kebanyakan layanan email gratis akan memiliki batas seberapa banyak email yang dapat dikirimkan dalam jangka waktu tertentu.

Beberapa hal di atas merupakan beberapa kekurangan dari layanan email tanpa biaya. Alasan terbesar untuk lebih berhati-berhati dengan email gratis ialah pada isu-isu deliverability yang sering terjadi, kemudian kurangnya layanan pelanggan yang responsif. Anda perlu mempertimbangkan hal ini, terlebih lagi jika ingin membuat akun email gratis untuk bisnis.

Pertimbangan lainnya terletak pada data-data yang Anda miliki, baik dokumen maupun kontak. Apabila Anda memiliki data-data yang begitu penting, sebaiknya jangan hanya mengandalkan email gratis untuk menyimpannya. Anda akan memiliki risiko tinggi untuk kehilangan data-data tersebut. Namun jika Anda memang benar-benar ingin memakai layanan ini, sebaiknya lakukan backup secara teratur pada email dan kontak.

Walaupun memiliki banyak kekurangan, email tidak berbayar juga memiliki beberapa kelebihan. Ada layanan email yang memiliki filter Spam sangat kuat, seperti Gmail. Anda akan mendapatakan fitur khusus Spam yang telah disaring. Kemudian untuk layanan akses pada email gratis biasanya akan lebih memudahkan pengguna. Misalnya saja, satu akun akan dipakai untuk seluruh layanan yang ada pada Google.

Lalu bagaimana seharusnya? Apakah Anda tetap aman menggunakan email gratis atau sebaliknya? Anda hanya perlu mengingat bahwa jika email Anda diserang hacker atau terkena nasib malang lainnya, maka ada kemungkinan bahwa Anda tidak bisa mendapatkannya kembali.

Namun Anda bisa mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk menjaga password maupun keamanan informasi akun email itu. Kemudian Anda juga harus sering-sering melakukan backup pada dokumen maupun kontak yang ada pada email Anda. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda perlu berasumsi bahwa kemungkinan akun email gratis mungkin tidak ada lagi pada esok hari. Kemudian Anda harus melakukan langkah-langkah untuk mengatasi hal-hal tersebut.