Ini Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lambat yang Perlu Diketahui

koneksi internet menjadi lambat

Saat ini internet memiliki peran yang begitu penting bagi setiap pekerjaan manusia. Kita tahu bahwa internet memang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Misalnya saja kita ingin ke sebuah tempat, namun tidak mengetahui letak persis lokasi tersebut. Kita bisa mencarinya dengan menggunakan maps di internet. Selain itu, kita juga dipermudah untuk saling mengirim pesan atau bertukar file. Mulai dari chatting, foto, video, lagu, dan masih banyak lainnya. Bahkan saat ini sudah ada layanan video call di mana kita bisa saling bertatapan dengan orang lain melalui video. Beragam informasi juga mudah ditemukan hanya dengan browsing di internet.

Seluruh kegiatan yang ada di internet memang sangat menyenangkan karena bisa mempermudah pekerjaan. Namun kegiatan menyenangkan tersebut bisa berubah menjadi menyebalkan apabila koneksi internet tiba-tiba menjadi lambat. Lalu mengapa koneksi internet dapat menjadi internet? Berikut ini merupakan beberapa penyebab koneksi internet menjadi lambat.

  1. Kekuatan sinyal yang berasal dari provider

Apabila lokasi Anda semakin jauh dengan BTS, maka kecepatan koneksi internet juga bisa semakin memburuk.

  1. Ada pembatasan penggunaan dari pihak provider

Biasanya hal ini bisa terjadi karena adanya pembatasan dari pihak provider. Misalnya saja, ada pembatasan pemakaian setelah 1 GB pertama. Sehingga kecepatannya akan semakin berkurang.

  1. Banyaknya pengguna

Banyaknya jumlah pengguna yang sedang mengakses internet pada saat yang bersamaan juga akan memengaruhi kecepatan koneksi internet. Sebaiknya hindari penggunaan internet pada jam-jam yang padat.

  1. History tidak dibersihkan

Setiap Anda melakukan browsing di internet, tentu akan ada cookies, cache, dan history dari laman website yang telah dikunjungi. Hal ini bisa memengaruhi kecepatan internet Anda. Sebaiknya bersihkan history browser setiap sebulan sekali.

  1. Terlalu banyak plugin di browser

Mungkin Anda terlalu banyak menambahkan berbagai macam Add Ons atau plugin di browser. Sebenarnya Add Ons yang terlalu banyak di dalam browser bisa menyebabkan software menjadi crash.

  1. Membuka terlalu banyak tab di browser

Membuka terlalu banyak tab di browser juga bisa membuat koneksi menjadi lambat. Saat Anda membuka banyak tab dalam waktu yang bersamaan, maka hal ini akan memengaruhi koneksi internet tersebut. Semakin banyak tab yang sedang dibuka, maka kinerja perangkatnya akan semakin berat.

  1. Pemakaian yang terlalu lama

Terlalu lama pemakaian juga bisa membuat koneksi menjadi lambat karena perangkat yang digunakan (modem atau router Wi-Fi) menjad panas. Apabila sudah panas, maka kinerja perangkat bisa menurun. Anda bisa menyiasati hal ini dengan memakai kipas eksternal.

Itu tadi beberapa penyebab mengapa koneksi internet bisa menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mencari solusi internet yang lemot seperti layanan ini.