Ini Cara Terbaik untuk Memilih Piranti Lunak yang Harus Dilakukan

piranti lunak

Setiap pengguna komputer pasti ingin mendapatkan piranti lunaik dengan kualitas terbaik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pada saat membeli piranti lunak untuk PC Anda. Coba perhatikan beberapa penjelasan berikut ini yang dapat membantu Anda dalam memilih skema lisensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda membeli PC baru, maka Anda membutuhkan piranti lunak OEM/FPP. Kemudian Anda juga membutuhkan aplikasi tambahan. Jika tidak membeli PC baru, Anda bisa memikirkan apakah akan langsung memilih membeli lisensi sebanyak 5 atau lebih. Untuk pengguna yang membeli PC baru juga demikian, apakah Anda akan membeli lisensi sebanyak 5 atau lebih. Apabila tidak, maka Anda membutuhkan produk paket retail (FPP). Sedangkan jika ya, maka apakah Anda memiliki PC 250 atau lebih? (OEM/FPP sebagai based OS). Apabila  ya, berarti Anda membutuhkan lisensi melalui Microsoft Select License atau Enterprise Agreement. Sedangkan apabila tidak, maka Anda membutuhkan lisensi melalui Microsoft Open License atau Open Value.

Cara tepat bagi pelanggan mendapatkan lisensi sistem operasi Windows dan ingin melegalisasi sistem operasi Windows dan ingin melegalisasi komputer yang digunakan saat ini melalui program Volume Licensing. Get genuine Windows Agreement (GGWA) memiliki 2 pilihan:

  1. GGWA for Small and Medium Organizations
  2. GGWA for Large Organizations

Pastikan bahwa Anda membeli PC baru yang sudah dilengkapi (pre-installed) dengan lisensi OEM asli. Namun apabila Anda terlanjur memiliki PC yang belum berlisensi legal, Anda bisa melakukan beberapa solusi berikut ini:

Apabila Anda membeli PC baru, maka Anda bisa melakukan preinstalled OS atau COEM, kemudian mendapatkan lisensi Windows OEM. Kemudian jika membutuhkan lisensi Office pada PC lebih dari 5 unit, maka menggunakan OLP/OV/Select/EA. Namun bisa juga memakai Office Preinstalled.

Apabila Anda telah memiliki PC sendiri yang belum dilisensi, ada cara lain yang bisa dilakukan. Jika jumlah PC lebih dari 5 unit, maka bisa menggunakan GGWA. Apabila jumlah PC kurang dari 5 unit, maka dapat memakai FPP. Jika membutuhkan lisensi Office, hampir sama dengan cara di atas. Jika PC lebih dari 5 unit, maka dapat menggunakan OLP/OV/Select/EA. Pilihan lainnya dapat menggunakan Office Preinstalled. Namun jika jumlah PC lebih dari 5, maka Anda dapat memakai FPP.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai lisensi Microsoft, Anda bisa menghubungi nomor 085733005898 (Cahyo) atau melalui e-mail ke cahyo@anugrahpratama.com.