Email Gratis untuk Bisnis Merupakan Ide Jelek? Ini Alasannya!

email gratis

Bagi para pelaku bisnis, email merupakan salah satu tools penting yang harus dimiliki. Anda perlu memikirkan bahwa email yang digunakan untuk bisnis harus terlihat profesional. Kemudian Anda berpikir untuk biaya yang akan dikeluarkan.

Mungkin menggunakan email profesional akan memaksa Anda untuk mengeluarkan kocek yang berlebih, sehingga banyak pebisnis yang masih memilih untuk memakai email gratis. Padahal memakai email gratis untuk bisnis merupakan ide yang cukup buruk bagi bisnis Anda. Pikir Anda ini hanya lah sekedar email saja, sehingga tidak masalah jika menggunakan layanan yang tidak berbayar.

Lalu mengapa ide ini dikatakan buruk? Ada dua alasan, yaitu masalah teknis dan persepsi. Untuk masalah teknis, biasanya email tidak berbayar memiliki masalah teknis yang kurang baik. Masalah utamanya terletak pada kurangnya layanan pelanggan dari provider email tersebut. Kalau pun ada fitur yang bisa digunakan untuk menghubungi customer service, pengguna akan mendapatkan respon yang lama. Penyedia memang tidak berkewajiban untuk memberikan bantuan kepada Anda. Berbeda jika Anda menggunakan email berbayar. Biasanya provider akan menjanjikan layanan terbaiknya.

Kedua merupakan masalah persepsi. Apabila bisnis Anda menggunakan email gratis, maka bisa saja perusahaan lain, bahkan customer Anda, malah berpikir bahwa bisnis Anda tidak profesional. Mungkin mereka akan berpikir bahwa bisnis Anda tidak peduli mengenai email, internet, atau bahkan komunikasi dengan mereka. Persepsi seperti ini sering muncul pada pikiran masyarakat era modern seperti saat ini. Dengan memakai akun email gratis, secara langsung bisnis Anda menyatakan, “Kami tidak mau mengambil beban yang relatif kecil untuk memastikan kami memiliki email yang dapat diandalkan,” Tentu hal ini memalukan bagi bisnis Anda bukan?

Tentu saja melihat dua hal ini, sebuah bisnis memang sebaiknya memiliki domain internet sendiri, baik usaha kecil atau besar. Dengan memiliki domain sendiri, email mereka juga bisa diselaraskan. Saat ini banyak domain khusus bisnis yang dibanderol dengan harga terjangkau. Dan tentunya telah didukung dengan layanan pelanggan. Coba bandingkan antara alamat email “company@hotmail.com” dengan “hello@company.com”. Lebih terlihat profesional yang mana?