Dampak Koneksi Internet Lambat Terhadap Pengguna

koneksi internet lambat

Saat ini hampir semua orang di dunia memanfaatkan internet untuk beragam keperluan sehari-hari, seperti sekolah, kuliah, bekerja, hingga hiburan. Anda bebas mengirimkan berbagai file atau data kapan saja dan di mana saja, browsing, download, meng-upload, chatting, dan lainnya. Namun terkadang kita akan merasa jengkel saat koneksi internet menjadi lambat. Beragam pekerjaan bisa terhambat hanya karena koneksi internet yang lambat.

Indonesia memiliki pemakaian internet yang cukup besar. Beragam operator seluler pun menawarkan layanan internet dengan keunggulannya masing-masing, baik dari segmen GSM maupun CDMA. Namun terkadang jaringan dari provider-provider tersebut tidak bisa diandalkan di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan BTS provider. Alhasil koneksi internet yang lambat pun sering menghadang para pengguna.

Selain menghambat produktivitas, koneksi internet yang lambat juga sering menimbulkan beberapa dampak buruk lainnya, antara lain dalam lingkup kesehatan tubuh, kesehatan jiwa, keuangan, hingga efektivitas waktu.

Akses jaringan internet yang lambat bisa memengaruhi kesehatan tubuh, seperti membuat mata menjadi pedas, badan pegal-pegal, kepala pusing, dan pantat terasa panas. Tentu saja kesehatan tubuh bisa berpengaruh karena kita menunggu akses lambat tersebut terlalu lama.

Kemudian kesehatan jiwa juga bisa terganggu karena timbulnya emosi saat menunggu loading website yang lama, bahkan terkadang berhenti juga. Masalah finansial juga bisa berpengaruh karena hal ini. Misalnya saja kita menggunakan akses internet di warnet, apabila koneksi lambat, maka waktu pencarian Anda di warnet akan semakin lama dan biaya menjadi membengkak.

Semakin banyak waktu yang dipakai saat mengakses internet juga akan mengurangi efektivitas waktu kita. Jaringan yang lambat akan memerlukan semakin banyak waktu. Semakin banyak waktu yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk hal yang lebih berguna lainnya, namun malah terbuang sia-sia dengan duduk memandangi loading internet yang lambat.

Itu tadi beberapa akibat yang bisa ditimbulkan akibat koneksi internet yang lambat. Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini, salah satunya dengan cara dengan menggunakan router Mikrotik yang terkenal ampuh membasmi koneksi internet lambat.