Anugrahpratama.com - Toko Komputer Online Jual Laptop, Notebook, Ultrabook, Harga Murah, Garansi Resmi
Catalog
USD CALCULATOR
Kurs : Rp. 11,790
US$ = Rp.

Promotions RSS 2.0

Laptop Notebook Murah

DALAM beberapa bulan terakhir ini kita melihat pertumbuhan yang cepat dalam komputer notebook, yang secara perlahan tapi pasti, menjadi alternatif di samping komputer desktop PC yang lebih besar. Tahun 2007 diperkirakan pertumbuhan penjualan Notebook adalah 43%, 4 kali lipat komputer desktop yang hanya 9%. Hal ini terutama karena banyaknya tawaran Notebook murah, dengan harga dibawah 5 juta (lima juta rupiah), kita bisa membawa pulang sebuah Notebook baru dengan garansi satu tahun. Bahkan laptop dengan teknologi terbaru Intel Core Duo, Intel Core 2 Duo, maupun yang menggunakan prosesor AMD Turion sudah bisa kita dapat dengan harga dibawah 10 juta (sepuluh juta rupiah).

 

Tren laptop murah ini membuat para pemain merk yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, seperti: Toshiba, HP Compaq, Acer, ikut-ikutan menurunkan harga produk mereka. Toshiba mengandalkan tipe Toshiba Satellite untuk notebook versi murah, sedangkan HP Compaq mengandalkan Compaq Presario dan HP 520, Acer meramaikan pasar dengan Acer Aspire dan Acer TravelMate.

Tren ini sebenarnya diawali oleh Intel yang membuat program BTO (Build to Order) Notebook, kira-kira 2 tahun yang lalu. BTO Notebook adalah notebook yang dirakit sesuai dengan permintaan, seperti PC dekstop yang banyak dikenal saat ini, ada komputer rakitan, ada juga notebook rakitan. Program ini langsung direspon oleh produsen Notebook dunia, mereka membuat notebook barebone. Notebook barebone adalah notebook yang terdiri dari chasis (termasuk LCD monitor, keyboard) dan mainboard. Jadi OEM builders, atau perakit notebook lokal tinggal memasang CPU prosesor, Memory RAM DDR2 dan Harddisk saja. Produsen-produsen yang sudah membuat notebook barebone antara lain: MSI, AOpen, Asus, Quanta dan FIC.

 

Sejak saat itu banyak pemain lokal yang mulai merespon hal ini dengan menerbitkan merk lokal, antara lain: Axioo, Forsa, Byon, dll. Sebagai contoh Notebook Axioo sejak pertama diperkenalkan, langsung menggebrak pasar dengan harga yang cukup miring. Saat ini Notebook Axioo yang paling murah tipe Neon VL624NC dijual dengan kisaran harga 4,2 - 4,3 juta dipasaran. Para pemain lokal mengimpor Notebook barebone dan komponen lain, seperti processor, memory, harddisk, dalam bentuk terpisah sebagai spare part. Kemudian merakitnya di Indonesia.

 

Bagaimana dengan kualitas notebook murah tersebut? Pandangan kita tentu cenderung memandang negatif mengenai hal ini. Hal ini seolah didukung dengan pemain notebook bekas, para pemainnya rata-rata tidak mau menerima notebook second dengan brand atau merek lokal. Bagaimana mungkin notebook murah memiliki kualitas bagus seperti merk yang sudah terkenal? Kenyataannya kualitasnya tidak kalah dengan merk yang sudah terkenal. Sudah banyak yang menggunakan dan mereka rata-rata cukup puas dengan kualitas notebook lokal ini.

Bahkan Intel sendiri, menyatakan,"Barebone system yang ditawarkan saat ini sama dengan yang dipasok ke vendor yang besar dengan sedikit perbedaan design style. Kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dua tahun yang lalu dan semakin baik." Berkaitan dengan design model, Intel berkata,"Hari ini style notebook BTO sudah tidak menjadi momok. Perkembangan design style model, warna dan bentuk sudah banyak tersedia dipasaran. Ini disebabkan oleh dukungan Prosesor dengan teknologi Intel Centrino, yang membuat laptop menjadi lebih tipis dan ringan."

Selain itu para pemain lokal juga membuat jaringan service center yang luas dan melatih para teknisi mereka sehingga mampu memberikan support dukungan garansi yang baik. Setiap kasus selalu ditangani dengan baik, misalkan penggantian notebook baru, untuk notebook baru yang di LCD-nya ada dead pixelnya. Keunggulan yang lain adalah harga part yang cukup murah dibandingkan dengan part notebook merk terkenal. Karena itu, tidak heran, pertumbuhan penjualan notebook merek lokal meningkat tajam. Jadi sekarang, kita punya alternatif jika ingin memiliki sebuah notebook. Notebook murah ternyata cukup aman, kualitas bagus, harga terjangkau. Jika memang dana terbatas, notebook murah dari vendor lokal bisa dijadikan pilihan.


anugrahpratama.com
PROMOTIONAL MAIL
* indicates required
LOGIN
Username
Password
(empty)
 
Currency :
CUSTOMER SERVICE
Marketing APK1

Pin BB : 29658078
Marketing APK2

Pin BB : 298EDAEB
Marketing APK3

Pin BB : 28742dbc
Call Us:
031-5928580
PROMOTIONS RSS 2.0
TESTIMONI
I Dw. Gede Agung Harta Y
Mar 6, 2014
Terima kasih Anugrah Pratama, sy beli PSU CORSAIR VS 550 sdh sampai denpasar, utk customer servisnya (Ibu Leli) dgn ramah & sabar memandu sy belanja via YM
Abu Mabrur
Sep 24, 2013
Printer Epson T1100 sudah saya terima tepat waktu..... sukses buat AnugrahPratama, lain kali saya belanja lagi....