Anugrahpratama.com - Toko Komputer Online Jual Laptop, Notebook, Ultrabook, Harga Murah, Garansi Resmi
Catalog
USD CALCULATOR
Kurs : Rp. 12,175
US$ = Rp.

Home » Buyer's Guide » Panduan Membeli Komputer / Desktop PC

 

Panduan Membeli Komputer / Desktop PC

 
Dalam membeli sebuah sistem komputer baru, selalu merupakan ide yang baik untuk membeli sistem semaksimal yang Anda mampu, karena Anda mengurangi resiko teknologi berkembang terlalu cepat melampaui sistem anda dalam waktu dekat. Kabar baiknya adalah bahwa harga komputer saat ini cukup terjangkau, sehingga Anda bisa mendapatkan sistem yang cukup canggih dengan harga relative murah. Dalam memilih suatu sistem, paling penting adalah menemukan sebuah sistem yang cocok untuk penggunaannya. Jika Anda menggunakan aplikasi Office (Word, Excel), Anda dapat membeli sistem yang ekonomis. Namun, jika Anda banyak mengerjakan tugas yang kompleks (database programming, graphic processing, game, dll) pastikan Anda mendapatkan sistem dengan kecepatan tinggi, media penyimpanan yang besar, dan cukup ruang untuk upgrade.
 
Fitur apa yang harus saya pertimbangkan di komputer baru saya?
Fitur yang Anda perlukan tergantung bagaimana Anda akan menggunakan komputer tersebut dan apakah anda akan menggunakan desktop atau notebook. Berikut ini adalah beberapa dasar yang perlu diketahui:
 
Harddrive/Harddisk: Beberapa program meminta ruang penyimpanan lebih banyak daripada yang lain, dan aplikasi baru cenderung bertambah besar ukurannya. Oleh karena itu, belilah harddisk dengan kapasitas setinggi mungkin yang Anda mampu.
 
Processor/Prosesor: Selalu baik untuk mendapatkan kecepatan prosesor setinggi mungkin yang Anda mampu beli. Jika anda berencana untuk menjalankan program-program yang kompleks, seperti beberapa games dengan grafis yang intensif, Anda harus mempertimbangkan Intel Core2Duo dan prosessor yang lebih tinggi.
 
RAM (Random Access Memory): Sebagian besar komputer model baru sudah dilengkapi dengan memory system minimal 1GB. Jika Anda tahu Anda akan menjalankan banyak aplikasi kompleks, carilah spesifkasi dengan RAM lebih banyak (2GB atau 4GB), atau pertimbangkan untuk upgrade. Kekurangan RAM dapat benar-benar memperlambat sistem Anda.
 
Drive: Kebanyakan komputer saat ini sudah dilengkapi dengan DVDRW. Hanya netbook dan beberapa model notebook tidak dilengkapi dengan DVDRW untuk mengurangi berat. Bila Anda tetap memerlukannya, Anda bisa membeli DVDRW external. Dengan perkembangan teknologi media Flash (Flashdisk, SecureDigital Cards, External Harddik) saat ini, DVDRW praktis sangat jarang digunakan, kecuali Anda ingin melihat koleksi DVD Anda sambil bepergian.
 
Ukuran: Ukuran sangat penting untuk notebook/laptop. Ukuran menjadi sangat penting jika Anda berencana untuk sering membawa notebook/laptop Anda di jalan. Berat harus menjadi faktor utama, ketika berat notebook/laptop turun, ukuran layar dan keyboard juga akan turun.
 
Ports: Secara umum, semakin banyak port semakin baik. Pastikan port apa saja yang Anda perlukan. Port USB digunakan meningkatkan sistem anda dengan harddrive eksternal, flashdisk, modem/router, joystick untuk game, sambungan ke printer, scanner, dll. Port VGA/RGB/S-Video out digunakan sebagai sambungan ke projector untuk presentasi. Port Mic dan Headphone digunakan untuk voice chat dan mendengarkan musik. Port LAN untuk menghubungkan laptop ke jaringan komputer.
 
Apakah Prosesor itu? Dan mengapa itu penting?
 
Kecepatan prosesor pada dasarnya mewakili seberapa cepat CPU (central processing unit, atau "otak") komputer Anda dapat berpikir. Jika komputer Anda diberikan tugas yang kompleks atau beberapa pekerjaan yang harus dilakukan sekaligus, maka sangat perlu untuk memproses tugas dengan cepat, atau crash akan terjadi. Kecepatan Prosesor diukur dalam megahertz (MHz), atau jutaan siklus per detik, dan gigahertz (GHz), atau miliaran siklus per detik. Kebanyakan prosesor sekarang sudah memiliki kecepatan yang lumayan tinggi. Jika anda berencana untuk menggunakan komputer Anda untuk tugas-tugas yang sangat sederhana seperti pengolah kata (Word) atau spreadsheet dasar (Excel), kecepatan tidak terlalu penting bagi Anda, walaupun selalu baik untuk mendapatkan kecepatan setinggi mungkin yang Anda mampu beli. Namun, jika Anda berencana untuk menjalankan program-program yang kompleks, seperti beberapa permainan baru yang memerlukan grafis intensif, Anda akan memerlukan kecepatan yang lebih tinggi.
 
Apakah RAM itu? Dan mengapa itu penting?
 
RAM, atau Random Access Memory, adalah memori jangka pendek komputer Anda. Seperti prosesor, lebih banyak RAM memungkinkan Anda untuk membuka dan menjalankan file yang lebih besar, aplikasi yang kompleks dan mampu membuka banyak aplikasi secara bersamaan (multitasking). Jika RAM Anda rendah, komputer Anda dipaksa untuk menjalankan aplikasi dari harddrive anda, dan hal ini akan membuat komputer Anda menjadi lambat. RAM diukur dalam gigabytes (GB), dan sebagian besar komputer baru mempunyai RAM minimal 1GB. Jika Anda akan menjalankan banyak aplikasi atau aplikasi yang kompleks pada komputer Anda, dapatkan lebih banyak RAM, atau pertimbangkan untuk melakukan upgrade.
 
Apakah Harddrive/Harddisk itu? Dan berapa banyak yang saya perlukan?
 
Harddrive atau Harddisk adalah media penyimpanan utama komputer. Mulai dari file-file data, hingga sistem operasi (misalnya Windows 7) disimpan di dalam harddisk. Jadi jelas, semakin banyak data atau aplikasi yang Anda miliki di komputer, semakin banyak ruang harddisk yang Anda butuhkan. Beberapa program memerlukan ruang lebih banyak daripada yang lain, dan aplikasi baru cenderung bertambah besar ukurannya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membeli ruang harddisk sebanyak yang Anda mampu beli. Harddisk diukur dalam gigabyte (GB), dan sistem desktop yang lebih baru cenderung memiliki drive sekitar 250GB atau lebih, sedangkan Notebook mulai disekitar 160GB. Sekali lagi, jumlah yang Anda butuhkan tergantung pada berapa banyak aplikasi dan file Anda rencanakan untuk dimasukkan ke dalam sistem anda. Jika anda akan hanya menggunakan pengolah kata dan sesekali main game, hard drive yang besar mungkin tidak penting bagi Anda. Tapi jika Anda merencanakan untuk menyimpan file lagu, foto-foto dan video keluarga, harddisk yang besar merupakan keharusan. Sebagai gambaran, beberapa ukuran file adalah sebagai berikut:
 
No Jenis File Ukuran File
1. Dokumen word excel 50-100 kb
2. Lagu MP3 4-7 MB
3. Foto dari Camera digital 7MP 4-6 MB
4. Video format AVI durasi 1 jam 18-20 GB
5. Microsoft Office 2003 380 MB
6. Windows XP 2 GB
7. Windows Vista 8 GB
8. Windows 7 6 GB
 
Konversi ukuran file:
1 kb (kilobytes) = 1000 bytes
1 MB (Megabytes) = 1000 kb
1 GB (Gigabytes) = 1000 MB
 
Apakah saya memerlukan desktop atau laptop/notebook?
 
Saat ini, laptop sudah memiliki kemampuan yang sama dengan desktop, hanya berbeda di ukuran layar dan harga. Jika Anda tidak keberatan layar yang lebih kecil daripada monitor biasa, dan Anda tidak keberatan membayar sedikit lebih mahal, sebuah laptop dapat memenuhi hampir semua kebutuhan komputasi Anda di rumah, di jalan, dan dimana saja. Ada beberapa faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda sering bepergian dan butuh komputer, laptop adalah pilihan yang jelas. Jika Anda pergi ke sekolah atau kemanapun, sebuah laptop dapat berguna, tetapi Anda perlu berhati-hati karena laptop jauh lebih rentan terhadap pencurian dari sebuah sistem desktop. Banyak sekolah bahkan menganjurkan siswanya untuk menggunakan desktop di rumah mereka. Desktop juga pilihan yang lebih baik jika Anda tidak sering melakukan perjalanan atau membutuhkan komputer dijalan. Desktop komputer juga menawarkan banyak komponen tambahan yang berguna (drive, ports, dll) dan memiliki lebih banyak potensi untuk upgrade. Jadi akhirnya, banyak orang membeli laptop, tapi juga memiliki desktop di rumah untuk penggunaan komputer yang maksimal.
anugrahpratama.com
PROMOTIONAL MAIL
* indicates required
LOGIN
Username
Password
(empty)
 
Currency :
CUSTOMER SERVICE
Marketing APK1

Pin BB : 29658078
Marketing APK2

Pin BB : 298EDAEB
Marketing APK3

Pin BB : 28742dbc
Call Us:
031-5928580
PROMOTIONS RSS 2.0
TESTIMONI
surditadana
Sep 24, 2014
terimakasih anugrah pratama komputer, pelayan baik. ananti mau pesen lagi..
surditadana
Aug 8, 2014
Pelayanan sangat memuaskan, terikasih Anugrah Pratama..